Selasa, 04 Desember 2012

Bolu Karamel

Firstly..bikin bolu karamel yang sebenernya udah kepengen dari dulu bikin, bolak-balik buka resep, googling dan seperti biasa nemu resep yang pas di blognya mba Ricke-Ordinary kitchen, makasih ya mba..^_^

Bolu Karamel ini dibikin coba-coba secara ada yang mau pesen gitu, orangnya sih nyantei aja mau kapan dibikinnya, mau besok kek, mau lusa kek terserah aku dan dengan santainyaa sampe sekarang belon aku bikinin, hihi maap ya mba..minggu ini insyaAllah aku bikinin ^_^

Resepnya sebenernya mudah banget tapi akunya yang males aja,hee...dengan segenap kekuatan aku coba juga dan ternyata gampang banget gak perlu make mikser pula, cukup dikocok pake whisk bentar, campur-campur, jadi deeng...saking semangatnya pas udah jadi langsung dibelah, hihi..tapi maap yah biasa kameranya kan jadul gitu jadi hasil fotonya yah gini deh, hihi..

Resep Bolu Karamel
sumber : Ricke Indriani

Bahan:
Untuk sirup karamel:
400 gram gula pasir
400 ml air panas
5 lembar daun jeruk purut, iris tipis
2 lembar daun pandan, iris tipis
---> hasil akhir ditakar 400 ml

5 butir telur
120 gram terigu protein sedang
150 ml susu kental manis - aku pake rasa coklat, karna yang ada itu,hee
150 gram margarin, lelehkan dan dinginkan
1 sdm soda kue

Cara membuat:
1. Sirup karamel: Panaskan gula pasir di wajan hingga kecoklatan (jangan sampe gosong ya ntar pahit) dengan api kecil, tambahkan air panas. Biarkan hingga mendidih dan gula larut. Masukkan daun jeruk purut dan pandan. Masak hingga wangi. Angkat dan dinginkan. Saring dan buang daunnya. Takar 400 ml. Sisihkan.
2. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban diameter 22 cm, olesi dengan margarin/minyak dan taburi dengan terigu tipis-tipis.
3. Kocok lepas telur dengan whisk hingga berbusa dan rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan sirup karamel sambil diaduk sampai rata dan licin. Saring bila perlu.
4. Masukkan susu kental manis, aduk rata. Masukkan margarin cair. Aduk rata.
5. Terakhir masukkan soda kue. Aduk rata. Segera tuang ke loyang dan panggang dalam oven hingga matang (kurang lebih 45 menit).
6. Keluarkan dari loyang, dinginkan dan potong-potong.


Penampakan si sarang semut..^_^ -ga keliatan ya karna kameranya harus dimaklum,hihi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar