Minggu, 25 November 2012

Bolu Kukus Pandan

Nyoba-nyoba bikin bolu kukus yang resepnya didapetin dari mamah, tapi resepnya ajaib banget, karna ada takaran yang unik, yaitu satu gelas santan, nah lho..maksudnya gelas apa yah..hihi..soalna gelas dirumahku tuh kalo gak kegedean kekecilan, hiks..tapi akhirnya aku memutuskan (ciee..) untuk memakai takaran 240 ml yaah..kurang lebih segitu dah.

Akan tetapi lagih..ternyata santannya ga punya segitu,cuma punya 90 ml santan instan, yaa ga nyampe kan kalo aku tambahin air 150ml kayaknya bukan berasa santan lagi, lebih ke aer beras kali yah...*mungkin* yasudahlah aku ada ide pake minyak sayur aja, secara biasanya kan bikin bolu ketan make minyak sayur juga, hihi maksa dan itu pun nyari-nyari gelas ukur tak adaaaa....gubrakk..!! niyat gak siih bikin kuenya??? *gak niat siih cuma pengen makan aja bolu kukus hihi..* dengan terpaksa aku ukur dimangkuk kecil, kira-kira aja siih 150 ml tuh segimana, hee...dan alhamdulillah jadi juga nih..gak bantet, ga ngerut, bagus daah..malah mamaku bilang lebih enak dari yang biasa bikin, ah masa sih ma???hihi...apa karna mama ga enak hati gitu sama akyuu..haha

Ini dia Bolu Kukusnya..eh yang ditengah itu bukan rusak dari kukusannya yah..tapi karna aku pake kertas roti yang ga rapi..maklum lah buru-buru karna lagi ada pesenan kue ultah yang belum dihias juga, hee....




Niyatnya nih kue mau dibawa saat pindahan adekku, tapi berhubung sudah lenyap sebelum waktunya, jadi gak bawa apa-apa deh, hiks..maapin kakamu ini ya de...:(


Tekstur kuenya yang lembut bikin kue ini lenyap dalam sekejap...Alhamdulillah...;)



Ini resep kalo kamu mau coba yaah, gampang dan simpel koq bahannya...aku share resep mamaku tapi aku tandain juga modifikasi dari aku..;)


Bolu Kukus Pandan
Ala mamahku

4 Butir Telur
250 gr gula pasir
1 sdt Emulsifier
1 sachet vanili - aku tambah sejumput saja garam )
250 gr terigu (aku pake 200 gr + 50 gr susu bubuk)
240 ml santan (aku pake 90 ml + 150 ml minyak sayur)
- aku tambahin 1/2 sdt baking powder

Cara membuat :
1. Panaskan Kukusan, olesi loyang dengan minyak
2. Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanili dan garam sampai mengental dan berjejak
3. Masukkan terigu, susu dan baking powder yang sudak diayak, aduk balik
4. Masukkan santan, aduk balik hingga rata
5. Kukus sampai matang (kurleb 30 menitan yah)

Selamat mencoba ya teman-teman...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar