Kamis, 08 November 2012

Cake Potong

Huwaa..niatku buat rajin ngeapdet ini blog kayaknya sedikit kehambat duyu yah..hihi secara adaaa ajaaa yang membuat aku ga bisa lama-lama di depan si kompi, hiks...

Hari selasa kemaren nyoba bikin cake potong buat hantaran teman yang berjasa sama aku, gara-garanya ada temen sms mau pesan cake potong buat prasmanan, base cakenya pake resep cake potong pandan kejunya mba Ricke bunda Nadhifa yang emang cihuy dah..beneran lembutt..bahkan sampe sekarang ada sepotong aku biarin dan masih lembut...;) pake metode pengocokannya yang kuning sama putih telornya dipisahin gitu, so..lembuut hasilnyaa...^_^ kalo di mba Ricke kan resepnya untuk pandan aja, jadi aku coba bikin 2 kali resepnya untuk 3 rasa, pandan, stroberi dan kopi moca, plus topping yang beda-beda *yaah..suka-suka aja sih kalo topping* yang penting cake nya enak dan lembuut...sampe temen-temennya temenku yang nyobain bilang enak dan lembut, yaiyalaah..bunda Nadhifa gitu lhoo..resepnya teruji dah...

tuh kan liat Spongky banget ga sihh...*_*
dan ini hantaran buat temenku itu, hantarannya cuma 2 kotak mika, sisanya buat cemal-cemil dirumah, hihi..^__^

hasilnya jadi 3 loyang uk. 18 cm

yang ini buat temenkuu..^_^

ini buat dirumah ajaa..^_^

dan ini lho yah..kalo mau coba bikin..tapi kalo ga mau ribet ya mangga bisa pesen di aku...^_^


Cake Potong Pandan Keju
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan A:
4 kuning telur
30 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt vanilla
1 sdm susu cair

Bahan B:
4 putih telur
1/4 sdt garam
1/2 sdt air jeruk nipis (pengganti cream of tar tar)
50 gram gula pasir

Bahan C:
60 gram terigu
15 gram maizena
1/4 sdt baking powder
---> Campur dan ayak

Bahan D:
1 sdt pasta pandan
60 gram butter/margarine, lelehkan

Topping:
Buttercream
Keju cheddar parut
Cherry merah untuk hiasan

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190'C. Siapkan loyang persegi ukuran 24x24x4 cm. Olesi dasarnya dengan margarin, alasi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan.
2. Bahan A: Kocok kuning telur, gula pasir dan emulsifier hingga kental dan putih. Masukkan vanilla dan susu cair, kocok rata. Sisihkan.
3. Bahan B: Kocok putih telur, garam dan air jeruk nipis sampai berbusa dan setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga putih telur mengembang soft peak.
4. Masukkan bahan A (kuning telur) sedikit demi sedikit ke bahan B (putih telur) sambil dikocok perlahan hingga tercampur rata.
5. Masukkan bahan C (campuran terigu) aduk rata dengan spatula atau mixer kecepatan rendah.
6. Masukkan bahan D (pasta pandan dan butter/margarin leleh), aduk balik dengan spatula hinga rata dan homogen.
7. Tuang ke loyang dan panggang hingga matang 15-20 menit. Angkat dan dinginkan. Oles dengan buttercream dan taburi keju cheddar parut. Potong-potong. Hias dengan cherry merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar